Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Fungsi Media sosial:
Media sosial merupakan salah satu media instan yang saat ini memang memiliki berbagai fungsi dalam perannya. Selain berfungsi sebagai alat untuk berkomunikasi, media massa juga menjadi sarana untuk penggunanya dalam menggali berbagai informasi.
Tujuan Media sosial:
Media sosial umumnya dirancang untuk memudahkan seseorang dalam bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain. Platform ini juga bermanfaat untuk menjalin silaturahmi, menambah relasi, dan bahkan saat ini juga banyak yang menjadikannya sebagai wadah untuk menunjukkan karya mereka.
7 Jenis-jenis Media Sosial:
1.Social networking
Dilansir dari Hootsuite, social networking biasanya membantu orang-orang atau organisasi untuk tetap terhubung secara online dan berbagi informasi serta ide di dalamnya.
Social networking sites mungkin adalah contoh tipe media sosial yang sudah lama ada.
Saat ini, banyak orang secara tidak sadar menggunakan media sosial dengan kategori social networking dalam kehidupan sehari-harinya
Contoh social networking sites yang populer sekarang ini misalnya adalah Facebook, Twitter, dan LinkedIn.
Facebook berfungsi untuk membangun hubungan secara online dengan banyak orang, termasuk rekan kerja. Bahkan, dengan Facebook kamu juga dapat membangun bisnis kecil.
Begitu juga dengan Twitter dan LinkedIn. Hanya saja, LinkedIn lebih identik dengan orang-orang yang ingin mencari kerja atau membangun karier.
2.Media sharing networks
Dilansir dari Web FX, media sharing networks adalah jenis platform media sosial yang paling fokus menunjukkan sisi visual.
Hal tersebut adalah perbedaan utama antara social media yang berfokus sebagai social networking dan media sharing.
Secara umum, media sharing networks berfokus dengan berbagi foto dan video.
Di kehidupan sehari-hari, contoh social media sharing networks adalah Instagram, YouTube, Snapchat, dan TikTok.
Meskipun Facebook dan Twitter juga memungkinkan untuk berbagi foto dan video, namun kedua media sosial tersebut tidak masuk dalam tipe ini.
Dengan media sharing networks seperti Instagram ataupun YouTube, kamu juga bisa membangun bisnis secara visual sehingga dapat menarik perhatian calon pengguna.
3.Discussion forums
Dilansir dari Hootsuite, discussion forums merupakan salah satu jenis media sosial tertua.
Contoh dari tipe ini adalah Quora, Reddit, dan Kaskus di Indonesia.
Lihat saja, di dalam forum-forum diskusi online tersebut, banyak pengguna yang haus akan pengetahuan sehingga sering kali melemparkan pendapat dan opini bersama banyak orang lainnya.
Lewat discussion forums, orang-orang tidak perlu merasa malu untuk mengungkapkan pendapatnya dan bertanya terkait berbagai macam hal.
4.Social blogging networks
Bagi para penulis dan pembangun bisnis, tampaknya keberadaan social blogging networks sangat membantu mereka.
Pasalnya, jenis media sosial ini memungkinkan kamu untuk mempublikasikan konten sehingga dapat dicari oleh audiens lewat halaman pencarian Google.
Secara tidak langsung, hal ini tentu dapat membuatmu membangun bisnismu dan mengembangkannya lewat social blogging networks.
Tak hanya bagi pembangun bisnis, jenis social media ini adalah wadah yang cocok bagi penulis yang ingin sharing ide kreatifnya.
Media sosial yang termasuk ke dalam social blogging networks adalah Tumblr dan Medium.
Kedua media sosial tersebut dapat kamu manfaatkan untuk mempublikasikan sebuah konten.
5.Social audio networks
Salah satu jenis media sosial yang populer sekarang ini adalah social audio networks.
Seperti namanya, konten yang disediakan di media sosial ini berbentuk audio.
Sehingga, setiap user bisa mendengarkan konten yang disediakan oleh para creator.
Media sosial yang termasuk ke dalam social audio network di antaranya seperti Clubhouse dan Twitter Space.
Contoh kontennya antara lain podcast hingga platform untuk berdiskusi.
Di mana, setiap orang dapat berkumpul dalam satu room dan berdiskusi atau mendengarkan sesama user lainnya.
6.Live stream social media
Live stream pun adalah salah satu jenis media sosial yang semakin populer sekarang ini.
Kamu bisa melakukan broadcast video secara langsung ke banyak orang atau sekadar menonton dan menikmati konten para streamer.
Ketika live streaming pun, ada beragam isi konten yang bisa ditonton atau dilakukan, seperti bermain video games, menunjukkan keahlian bermusik, membuat barang-barang DIY. live podcast, dan masih banyak lagi.
Tidak hanya itu, adanya fitur live chat pun memungkinkanmu untuk berinteraksi dengan user lain hingga broadcaster.
Ada beberapa platform live stream yang beredar, di antaranya seperti Twitch dan YouTube.
7.Review networks
Review networks adalah salah satu dari jenis-jenis media sosial lainnya yang bisa digunakan secara luas.
Dalam media sosial ini, kamu bisa membagikan pengalaman menggunakan produk, jasa, atau bahkan pengalaman bekerja di suatu perusahaan.
Apabila kamu seorang marketer, andalkan media sosial ini untuk mengetahui pendapat orang-orang terhadap produk atau layananmu.
Beberapa situs review network di antaranya seperti Yelp atau Glassdoor.
7 Macam Media Sosial yang Sering Digunakan, Beserta Penjelasannya:
1.YouTube
Macam media sosial yang pertama adalah YouTube. Siapa sangka, situs besutan tiga anak muda yang didirikan pada tahun 2005 ini berhasil menjajaki kesuksesan.
Situs yang menduduki peringkat nomor dua dunia ini memungkinkan para penggunanya untuk berbagi video. Fitur ini merupakan strategi pemasaran yang tepat bagi usaha Anda. Buat iklan dan promosi sedemikian rupa untuk menarik atensi para pelanggan melalui video unik yang diunggah pada kanal YouTube.
2.Instagram
Macam media sosial yang tak kalah menariknya bagi banyak orang adalah Instagram. Situs ini pun juga berhasil merebut perhatian para penggunanya melalui fitur berbagi foto dan video singkat.
Untuk melebarkan sayap bisnis, Anda bisa membuat dan memasang berbagai foto ikonik dan menarik di laman akun Instagram. Raih keterlibatan banyak pengguna Instagram sebanyak-banyaknya melalui strategi pemasaran yang tepat bagi produk Anda.
3.Facebook
Macam media sosial yang berikutnya adalah Facebook. Perusahaan media sosial milik Mark Zuckerberg ini pun juga masih terus menjanjikan pundi-pundi rupiah bagi banyak orang.
Tak heran, banyak para penggunanya yang juga berbisnis melalui Facebook. Caranya pun cukup mudah. Facebook memungkinkan penggunanya untuk berbagi cerita,gambar, hingga video.
4.Twitter
Berbeda dari macam media sosial sebelumnya, Twitter bekerja dengan banyak menggunakan tulisan, foto, dan video. Umumnya, Twitter banyak digunakan oleh penggunanya lantaran memiliki fitur utas yang memungkinkan orang untuk berbagi tulisan panjang.
Selain itu, para pengguna juga dapat melihat topik terkini yang tengah hangat diperbincangkan. Hal ini bisa menjadi referensi Anda untuk menarik pelanggan menggunakan tulisan, foto, dan video.
5.TikTok
Macam media sosial selanjutnya adalah TikTok. Hingga saat ini, aplikasi unik tersebut berhasil merebut hati masyarakat Indonesia hingga mampu masuk ke dalam kategori 10 besar media sosial terpopuler.
Aplikasi yang dikembangkan perusahaan China ini dapat menampilkan berbagai video dengan serangkaian proses edit. Hasilnya pun tak kalah menarik dari beberapa fitur media sosial lainnya.
6.WhatsApp
Pada urutan kedua, macam media sosial yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia selanjutnya adalah WhatsApp. WhatsApp atau yang biasa disebut dengan WA merupakan media sosial chatting tanpa menggunakan biaya, namun cukup menggunakan koneksi internet saja.
Dihimpun dari data We Are Social, telah tercatat bahwa 83% orang indonesia telah menggunakan media sosial WhatsApp. Ini artinya, dari 150 juta pengguna media sosial di Indonesia, sekitar 125 juta orang sudah menggunakan WhatsApp.
7.Telegram
Macam media sosial yang berikutnya adalah Telegram. Telegram adalah sebuah aplikasi layanan pengirim pesan instan multiplatform berbasis awan yang bersifat gratis dan nirlaba. Para pengguna dapat mengirim pesan dan bertukar foto, video, stiker, audio, dan tipe berkas lainnya. Telegram juga menyediakan pengiriman pesan enkripsi ujung-ke-ujung opsional.
Penulis:Vingit Fernando Dwi Pradana/8b