Pesantren Ramadhan di SMPN 1 Pasirian

Pesantren Ramadhan adalah salah satu kegiatan yang rutin dilakukan di SMPN 1 Pasirian pada setiap bulan Ramadhan dan diikuti oleh seluruh siswa SMPN 1 Pasirian dan guru yang bertugas.

Pesantren Ramadhan diadakan atau dilakukan agar siswa dapat mendalami tentang ilmu agama Islam lewat pembelajaran atau materi yang disampaikan. Selain itu Pesantren Ramadhan juga bermanfaat untuk meningkatkan rasa kebersamaan, kekeluargaan, kekerabatan antar warga SMPN 1 Pasirian.

Pesantren Ramadhan SMPN 1 Pasirian diadakan pada tanggal 18 April 2022 atau 16 Ramadhan 1443 bertempat di masjid dan kelas-kelas SMPN 1 Pasirian.
Untuk teknis pelaksanaannya, siswa diinstruksikan untuk datang ke sekolah pada jam 10.30-11.00 WIB dilanjut untuk persiapan sholat Dzuhur berjamaah di masjid sekolah, saat selesai pelaksanaan sholat Dzuhur siswa diberi motivasi semangat ibadah oleh kepala sekolah SMPN 1 Pasirian, Drs. Waniran

Setelah itu siswa diperuntukkan memasuki kelas untuk diberi materi tentang Fikih Ramadhan yang akan disampaikan oleh DAMAR selama dua jam. Pada saat penyampaian materi peserta didik ditugaskan untuk menulis materi yang disampaikan oleh DAMAR.

Penyampaian materi diberhentikan sejenak dan siswa menuju ke masjid sekolah untuk melaksanakan sholat Ashar berjamaah. Setelah pelaksanaan sholat Ashar berjamaah siswa kembali ke kelas masing-masing untuk melanjutkan materi yang disampaikan DAMAR sekitar satu jam. Jam 16.30 WIB materi diberhentikan dan siswa mulai mengambil makanan untum berbuka bersama. Buka bersama dilakukan setelah pelaksanaan sholat Maghrib berjamaah. Kegiatan buka bersama dilakukan di dalam kelas masing-masing. Setelah itu murid diberi waktu istirahat sampai jam sholat Isya’ dan tarawih tiba.

Sholat Isya’ dan tarawih dilaksanakan di masjid sekolah. Setelah sholat Isya’dan tarawih kegiatan pesantren Ramadhan berakhir dan siswa dapat meninggalkan sekolah.

Menurut saya pemateri yang dihadirkan kemarin sangat berkesan untuk saya. Dengan adanya kakak pemateri pemahaman kami mengenai Islam menjadi lebih dalam dan materi dijelaskan dengan sangat menyenangkan yaitu dengan menggunakan PPT dan proyektor. Apalagi kakak pemateri tersebut adalah alumni dari sekolah pondok dan tidak diragukan lagi ilmu tentang agamanya. Saya juga berterimakasih kepada kakak pemateri yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan kami ilmu yang bermanfaat.
Harapan saya semoga kegiatan Pesantren Ramadhan ini rutin dilakukan setiap bulan Ramadhan, progam atau kegiatan untuk mengisi Pesantren Ramadhan lebih bervariasi lagi dan dapat menumbuhkan rasa kebersamaan antar warga sekolah serta materi yang disampaikan dapat bermanfaat bagi semuanya.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

IMG-20230725-WA0001

SOSIALISASI BAHAYANYA NARKOBA

Hallo SMEPPASSA! Pada tanggal 24 Juli 2023 upacara bendera di SMP Negeri 1 Pasirian berlangsung dengan sukses dan memberikan banyak pesan berharga kepada para siswa. Acara yang digelar hari ini dihadiri oleh Bapak Polsek setempat yang memberikan sosialisasi tentang bahaya narkoba. Dalam sambutannya, Bapak Polsek memberikan penekanan pentingnya menjauhi bahaya narkoba dan menghindari segala bentuk

Baca selengkapnya...
1000042620

MOTIVASI PAGI JURNALISTIK

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh💕Selamat menunaikan ibadah sholat shubuh💕Jurnalistik Smeppassa Jawara 📚11 November 2023 “CARA MENGURANGI SAMPAH PLASTIK” Plastik bisa Anda temukan di mana saja dengan mudah. Rasanya hampir seluruh aktivitas yang Anda lakukan selalu melibatkan plastik di dalamnya sebagai salah satu aspek penting. Berikut ini adalah cara mengurangi sampah plastik:1. Hindari membeli makanan dan minuman kemasan

Baca selengkapnya...
f931362e5b6fdb1976618f922cd77fd8

Menunda nunda pekerjaan

Hii-!! Teman-teman Smeppassa Gimana kabarnya hari ini? Semoga baik ya Hari minggu biasanya adalah hari yang menyenangkan bukan? Ada 2 tipe murid yang akan menghabiskan hari minggunya dengan bersenang senang dan beristirahat atau murid yang akan mencuri start untuk minggu depan dengan mengerjakan semua pekerjaan rumahnya. Kalian tipe yang mana? Omong omong mengenai pekerjaan rumah

Baca selengkapnya...
IMG-20230322-WA0030

*Pelantikan remaja masjid SMP Negeri 01 PASIRIAN 2022/2023*

*Artikel* ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABAROKATUH    Halo teman teman smeppasa!! Kalian tahu hari ini ada kegiatan apa di organisasi remas smeppasa?!   Bagi yang tidak tahu hari ini REMAS (Remaja masjid) SMP NEGERI 1 PASIRIAN , telah melaksanakan atau melakukan pelantikan!  Wah , kelihatan sangat menarik yahh?!  Kalian pasti penasaran apa saja kegiatan tadi yang telah

Baca selengkapnya...
IMG-20230624-WA0018

PENGURUS INTI REMAS PERIODE 2022/2023

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Apa kabar kalian semua?Semoga sehat dan selalu dalam ridho Allah SWT. REMAS adalah kepanjangan dari Remaja Masjid. Umumnya organisasi ini berada di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Pada prinsipnya, siapapun bisa menjadi pengurus REMAS. Namun, karena menjadi pengurus REMAS memiliki beban tersendiri, maka terdapat seleksi untuk menentukan

Baca selengkapnya...