MISTER AND MISS ENGLISH OF SMEPPASSA 2022

Jabatan anggota English Volunteers of Smeppassa 2021/2022 telah resmi berakhir pada hari Senin, 28 Maret 2022 dengan dilaksanakannya Mister and Miss English of Smeppassa. Tentunya untuk sampai di titik ini, kami beserta para peserta harus melewati serangkaian proses.

Perjalanan dimulai dengan promosi pendaftaran Calon Pengurus EVO 2022/2023 di tiap-tiap kelas 7 dan 8. Tiap-tiap kelas diwajibkan untuk mengirimkan 2 perwakilannya untuk diikutkan kegiatan yang puncaknya ada di Mister and Miss English of Smeppassa ini.

Usai pendaftaran dan pendataan dilakukan, peserta akan melewati tiga tes terlebih dahulu. Tes tersebut terdiri dari Writing Test, Interview Test, dan Talent Test. Tes-tes ini dilaksanakan agar kami dapat mengetahui kemampuan siswa sehingga kami dapat memilih siapa-siapa yang pantas dan layak untuk menjadi penerus kami.

Pada Writing Test, peserta harus menulis artikel berdasarkan tiga tema yang telah kami sediakan, yaitu OD2WINS, Pandemic, dan How to Use Smartphone Wisely. Peserta harus menulis ulang artikel yang telah mereka siapkan sebelumnya tanpa melihat naskah. Penggunaan smartphone juga tidak diperkenankan, namun peserta masih bisa menggunakan kamus.
Di hari selanjutnya, Interview Test dan Talent Test dilaksanakan. Peserta akan memulai dengan Interview Test terlebih dahulu. Pada wawancara ini, peserta harus memberikan jawaban terbaiknya atas pertanyaan-pertanyaan yang telah kami siapkan. Tentunya tes ini dilaksanakan dengan menggunakan bahasa Inggris. Ada empat pewawancara yang diambil dari anggota EVO 2021/2022 untuk proses ini, mereka juga yang akan memberi penilaian nantinya.
Pertama-tama, peserta harus memberikan perkenalan singkat kepada pewawancara bagian perkenalan. Selanjutnya, peserta menuju pewawancara bagian opini. Di sini peserta akan dikulik sejauh apa pengetahuan mereka tentang EVO dan program kerja EVO. Usai dari itu, peserta masih harus melewati bagian penyelesaian masalah dimana mereka akan dibawa pada kondisi jika di EVO terjadi permasalahan atau konflik. Mereka harus menjelaskan apa yang akan mereka lakukan untuk mengatasi permasalahan atau konflik tersebut. Dan wawancara yang terakhir adalah motivasi, mereka harus menunjukkan apa motivasi mereka dalam mengikuti kegiatan ini.

Jika Interview Test sudah dilaksanakan, mereka akan dipersilahkan untuk langsung menuju bagian Talent Test. Pada tes bakat ini, peserta bisa menunjukkan penampilan seperti bernyanyi, bercerita, berpidato, maupun berpuisi. Namun lagu, cerita, pidato, atau puisi yang dibawakan haruslah berbahasa inggris. Pada tes ini, penilaian juga masih dilakukan oleh anggota EVO 2021/2022.

Tiga tes telah dilaksanakan. Penilaian para peserta yang telah didapatkan pun sangat beragam. Namun kami masih harus memilih 20 besar untuk nantinya menjadi pengurus EVO 2022/2023. Pemilihan 20 besar tidak hanya dilihat dari kemampuan berbahasa Inggris yang mumpuni, tetapi juga dari semangat dan kemauan mereka selama tes berlangsung. 20 peserta ini juga masih harus melewati babak paling puncak, yaitu Mister and Miss English of Smeppassa di mana saat itu kita akan mengetahui siapa yang akan menjadi Mister dan Miss English of Smeppassa 2022.

Latihan dilakukan secara rutin sejak diumumkannya 20 besar dengan 12 putri dan 8 putra. Hingga pada Miss and Mister English of Smeppassa berlangsung, mereka memberikan penampilan berupa vocal group menyanyikan lagu Flashlight milik Jessie J dan fashion show. 6 besar juga akan diumumkan di hari itu yang nantinya akan diberikan pertanyaan oleh para juri seputar tiga tema pada Writing Test.
Dan akhirnya, didapatkanlah Najwa Qonita Wimala sebagai Miss English of Smeppassa 2022 dan Aguito Frido Banyu Laksono sebagai Mister English of Smeppassa 2022 yang otomatis keduanya akan menjadi ketua dan wakil ketua English Volunteers of Smeppassa 2022/2023.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

IMG-20231110-WA0001

Pahlawan Indonesia

Hii-!! Teman-teman SMEPPASSA Gimana kabarnya hari ini? Semoga baik ya 🙌🏻 Ada yang sadar hari ini hari apa? Hari Jum’at? Eumm kurang tepat Hari Pahlawan? Ya betul banget Gimana nih ada yang lupa kalo hari ini hari Pahlawan? 🎀Apa pengertian pahlawan? Dilansir dari WikipediaPahlawan, wira, wirawan, atau wirawati adalah orang yang menonjol karena keberaniannya dan

Baca selengkapnya...

Kesenjangan Sosial

Salam bahagia bagi kawan-kawan SMEPPASSA Pada hari Sabtu yang berbahagia ini kita akan membahas tentang maraknya masalah sosial di sekitar kita, mari kita mulai dari membahas apa itu masalah sosial/kesenjangan sosial, di lansir dari gramedia.com   Kesenjangan sosial Kesenjangan sosial adalah masalah sosial yang akan banyak memiliki dampak negatif. Kesenjangan sosial adalah suatu kondisi dimana

Baca selengkapnya...
1000040308

HARI SANTRI

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Hallo sahabat smeppassa. Kalian tau ga sih? kalau pada tanggal 20 oktober – 22 oktober SMPN 1 PASIRIAN telah memperingati hari santri nasional 2023. Diman semua peserta didik diharapkan untuk memakai busana muslim putih bagi perempuan dan memakai sarung bagi laki laki. Hari Santri sendiri merujuk pada sebuah peristiwa sejarah perjuangan para

Baca selengkapnya...
images (3)

Rujak

Rujak adalah makanan yang terbuat dari campuran buah-buahan, sayur-sayuran, dan juga bahan lainya. Rujak tergolong sebagai salad  Rujak adalah makanan tradisional Jawa, Indonesia.Selain di Indonesia rujak juga dapat di temukan di Malaysia dan Singapura.  Rujak yang dibuat dari bahan bahan segar membuat rujak enak di nikmati waktu siang hari.

Baca selengkapnya...
IMG-20231123-WA0048

AKSI BERGIZI DI SEKOLAH

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh ⛑️Interarma Caritas⛑️     Aksi bergizi di sekolah mengacu pada berbagai upaya untuk mempromosikan pola makan sehat dan gaya hidup aktif di kalangan siswa. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan siswa serta membantu mereka mencapai potensi akademik dan fisik yang optimal.   Beberapa contoh aksi bergizi di sekolah meliputi: Program Pendidikan

Baca selengkapnya...