MENINGKATKAN RASA PERSAUDARAAN DAN KEAGAMAAN MELALUI KEGIATAN PESANTREN RAMADHAN

Pondok Romadon atau yang lebih dikenal dengan nama pesantren Ramadhan adalah kegiatan yang dilakukan saat bulan Ramadhan dengan berbagai bentuk kegiatan keagamaan. Kegiatan keagamaan tersebut seperti salat wajib berjamaah, buka bersama, kultum, tadarus Al-Qur’an, pendalaman materi keagamaan, salat tarawih, dan sebagainya.

Seperti namanya, yakni Pesantren Ramadhan. Siswa-siswi akan berperan menjadi seorang santri selama beberapa hari. Guna untuk menanamkan akhlakul karimah ala seorang santri.

SMP NEGERI 1 PASIRIAN tentu tidak ketinggalan dengan kegiatan bulan Ramadhan yang satu ini. Semua kegiatan Pondok Ramadhan di jadwal dan di tata secara apik.

Kegiatan ini bersifat wajib diikuti oleh seluruh siswa-siswi, mulai dari kelas 9 sampai 7. Pelaksanaannya tentu tidak secara bersama-sama. Pondok Ramadhan kelas 9 dilaksanakan pada 18 April 2022, kelas 8 pada 26 April 2022, dan kelas 7 pada 25 April 2022.

Para peserta Pondok Ramadhan diimbau untuk datang mulai jam 10.30 – 11.00. Lalu mereka akan masuk ke kelas yang sudah di sediakan. Setelah itu peserta dan panitia (terdiri dari para guru) akan melaksanakan Salat Zuhur yang diimami oleh bapak Waniran, M.Pd. Dilanjut dengan pemberian motivasi dan nasihat yang dilakukan oleh beliau juga.

Saat jam memasuki pukul 12.40, para siswa-siswi harus sudah berada di dalam kelas dan materi akan segera dimulai. Pemateri kali ini berasal dari anggota DAMAR (Dunia Aktivitas Mahasiswa dan Pelajar). Materi kali ini membahas tentang fiqih. Peserta diajarkan tentang “Bangga Menjadi Remaja Muslim” yang membahas tentang penyebab lemahnya para pemuda, kisah perjuangan dan akhlak dari Muhammad Al-Fatih (Mehmed II) sang penakluk Konstantinopel, potensi pemuda islam dan peran pemuda islam. Tak lupa, para siswa-siswi juga diminta untuk mencatat materi yang diberi. Materi ini berakhir jam 14.20.

Saat azan Ashar mulai terdengar, semua orang di sana segera berangkat ke masjid guna melakukan Salat Ashar. Sehabis itu dilanjut dengan materi ke dua yang membahas tentang tajwid. Mereka diajari tentang tata cara membaca huruf hijaiyah yang benar dan menulis keutamaan Surat Al-Fatihah. Dan kegiatan berakhir pukul 16.30.

Disini para siswa-siswi diperbolehkan untuk istirahat sebentar atau tadarus sembari menunggu azan Maghrib. Para pengurus kelas juga mulai terlihat sibuk mengurus makanan yang akan digunakan untuk berbuka.

Buka puasa bersama dilaksanakan di Gedung Aula Serbaguna SMEPPASSA. Disitu per kelas diwajibkan membawa 2 tikar yang akan digunakan untuk makan.

Puncaknya adalah pukul 18.56 semuanya kumpul di masjid untuk melakukan Salat Isya dan Tarawih, lalu diakhiri dengan kultum. Kegiatan ini berakhir dipukul 19.30.

Hal positif yang bisa diambil dari kegiatan ini adalah kita mendapat berbagai ilmu, baik ilmu agama, kedisiplinan, dan kejujuran. Dan berharap Pondok Ramadhan ini dapat meningkatkan rasa persaudaraan, solidaritas, disiplin dan keagamaan.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

Unduh-pramuka-png-Gratis-Wallpaper-100-kumpulan-yel-yel-pramuka-dengan-lagu-yang-lagi-thumb

Kepramukaan

Assalamu’alaikum Wr. Wb Hai teman-teman SMEPPASSA    Setiap hari sabtu siswa siswi SMP negeri 1 Pasirian terutama kelas 7 dan 8 di wajibkan untuk mengikuti ekstrakurikuler Pramuka  Ada yang tau apa arti kepramukaan sendiri?     Kepramukaan adalah bentuk kegiatan proses pendidikan kepanduan itu untuk diri kita sendiri. Pendidikan pramuka untuk di lakukan kegiatan yang

Baca selengkapnya...
IMG20230516121814

PENTAS SENI THE KINGDOM OF UNITY dan HUT SMP NEGERI 01 PASIRIAN

Mulai hari Senin, 15 Mei 2023 sampai Rabu, 17 Mei 2023 kemarin, SMPN 1 Pasirian melaksanakan acara HUT-nya yang ke 45 tahun.      Ada banyak sekali lomba dan kegiatan menyenangkan yang diadakan, seperti lomba memasak, EXPO Literasi, bazaar makanan, dan yang paling membekas di hati seluruh siswa kelas 9 adalah Pentas Seni yang dilaksanakan

Baca selengkapnya...
IMG-20230224-WA0017

Kumpulan Cerpen

• Identitas karya Judul : Kisah Bawang Merah dan Bawang PutihPencipta : Yudhistira IkranegaraPenerbit : Dua MediaNaskah dan Ilustrasi : Tira Ikranegara Editor : Trifia AstutiLayout : Ikranegara Halaman : 32 lembar halaman • Orientasi Buku ini berjudul BAWANG MERAH DAN BAWANG PUTIH ini dapatlah di jadikan pedoman bagi orang tua atau guru untuk mendongeng

Baca selengkapnya...

PRA MPLS 2023 – SMP NEGERI 1 PASIRIAN

Assalamu’alaikum warohmatulohi wabarakatuh Haii SMEPPASSA Bagaimana nih kabarnya? Semoga senantiasa dalam keadaan sehat dan bahagia Oh iya bagaimana dengan liburannya? Semoga menyenangkan ya, Jangan lupa tetep semangat ya Oh iya, kemaren Sabtu 15 Juli 2023 SMEPPASSA Sudah melaksanakan PRA MPLS,  Jam 06.30 – 07.00 siswa baru menunggu di depan masjid ROUDLOTUTH THOLIBIN SMPN 1 PASIRIAN, 

Baca selengkapnya...
IMG_20230902_073945

LOMBA MEMPERINGATI HUT RI DAY 2

Hallo semuanya!!   Sabtu, 2 September 2023 adalah hari kedua SMPN 1 Pasirian melaksanakan lomba untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia. Acara hari ini adalah Jalan santai, Penentuan Juara 1, 2, 3, dan Lomba balon untuk Bapak&Ibu Guru dan wali murid SMPN 1 Pasirian.   Acara hari ini dimulai dengan sambutan oleh Kepala Sekolah kita

Baca selengkapnya...