#EDUKASI DASAR MEDIS: EDISI FIRST AID

Pernahkah kau merenungkan betapa pentingnya pengetahuan tentang pertolongan pertama dalam kegawatdaruratan yang praktikal di kehidupan sehari-hari? Apalagi segala sesuatu itu tidak dapat kita prediksi secara akurat, oleh karena itu apapun dapat terjadi kapan pun dan di manapun, secara mendadak dan seakan memaksa kita untuk segera merampungkannya.

Ketahuan kita mengenai metode problem solving yang efektif dan logis ketika menghadapi sebuah permasalahan yang tak pernah diduga sangatlah perlu untuk diperhatikan, bebarengan itu pun kesadaran dan kemelekan pandangan diri terhadap proporsi masalah, supaya kemungkinan berbuntutnya problema akibat minimnya ketanggapan dapat terminimalisir.

Tak dapat dipungkiri, salah satu insiden tak diundang tersebut, layaknya kecelakaan kecil maupun besar sarat terjadi di keseharian kita. Sebab itu, agar kecelakaan tersebut tak membesar dan berbunga, maka metode problem solving seperti Pertolongan Pertama pada Kegawatdaruratan hakikinya diajarkan, disosialisasikan, dan diterapkan dalam momen-momen hidup.

Mengikuti betapa esensialnya mengembani kemampuan tersebut, maka pada Sabtu pagi seminggu yang lalu (29 Januari 2022) delegasi Bulan Sabit Merah Indonsia atau yang biasa dikenal dengan sebutan BSMI, berjamu ke lembaga pendidikan SMP Negeri 1 Pasirian untuk mendiseminasikan beberapa wawasan dasar perihal pertolongan pertama beserta implementasi impromptu bersama para participant-nya.

Penyuluhan dimulai sedari pukul ± 09:00 waktu setempat, yang tentunya dibuka dengan segelintir sambutan yang tak pernah terlupakan dan terlewatkan di setiap acara, diikuti dengan perkenalan singkat para perwakilan komunitas BSMI yang terdiri atas 6 orang tenaga kesehatan. Perawakan dan gestur mereka menimbulkan first impression yang apik, jadi peserta tak merasa sepenuhnya gugup dan rileks selama berlangsungnya prosesi kegiatan.

Mukadimah segmen inti, yakni introduksi kilas First Aid, yaitu sebuah penanganan pertama kepada seseorang yang mengalami komplikasi kondisi sebelum ditanggulangi secara profesional di spot pelayanan kesehatan resmi. Metode First Aid yang terverifikasi terkadang malah tak diindahkan oleh khalayak ramai. Beberapa oknum bahkan masih berpacu pada tata cara penanganan yang parasit.

Presentasi padat yang disampaikan dari definisi luka hingga rekaman eksposisif First Aid insiden pingsan, seluruhnya dipaparkan secara mendasar sehingga para partisipan mampu memahami dan menyanggupinya untuk konsisten diterapkan dan dipamorkan kepada peserta didik lainnya. Tentunya agar komplikasi pasien tak semakin parah akan penyelesaian yang ceroboh.

Apabila hanya sekadar terjemahan teori sahaja, maka partisipan tak akan tahu atau bahkan linglung pada praktik di lapangan nyata. Oleh karena itu, dewan BSMI pun mempertunjukkan proses First Aid-nya serta merta menunjuk beberapa peserta di sana untuk sukarela memperagakan tata urutan pertolongan pertama diiringi bina oleh pihak BSMI.

Selain itu, di balik kerennya First Aid itu, perlu dipatuhi juga oleh para pelaksananya sederet kaidah, antara lain adalah untuk menjaga diri dan orang lain dari bahaya, selalu meminta pertolongan kepada mereka yang lebih lihai, dan tak memberi pelayanan lebih dari keadaan korban.

Jika kalian penasaran mengenai apa saja yang menjadi bekal dalam First Aid? APD; alat yang digunakan agar tak tertular jangkitan penyakit, seperti kasa steril, perban, plester, gunting pembalut, kapas, dan selimut. Dengan catatan untuk senantiasa mencuci tangan dan peralatan APD, mengingat kontak sekecil apapun dengan korban dapat mengkontaminasi tubuh oleh beragam infeksi mikroorganisme asing.

Demikianlah, Pertolongan Pertama pada Kegawatdaruratan atau yang bekennya dikenal dengan sebutan First Aid, membuka peluang terselamatkannya korban, mencegah munculnya kecacatan, menyalurkan rasa nyaman, serta mendukung proses penyembuhan. Rasanya amat disayangkan apabila pengetahuan ini dibiarkan begitu saja, setiap individu, utamanya mereka yang usai mengembaninya seharusnya rutin memaparkan hal ini kepada mereka yang tak tahu menahu-mereka juga perlu kewaspadaan dan kesadaran akan gencarnya pemberitaan kejadian serupa.

Asalkan kompak memagarinya dengan aspek faktual, buah hasilnya akan menjadi one giant leap.


 

“Sebaik-baik manusia di antaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain,” – HR. Bukhari

 

Sabtu, 5 Februari 2022

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Nyalanesia bekerja sama dengan ribuan guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia untuk bersama-sama membangun jembatan literasi agar setiap anak punya kesempatan untuk mewujudkan mimpi.

Pendidikan adalah alat untuk melawan kemiskinan dan penindasan. Ia juga jembatan lapang untuk menuju rahmat Tuhan dan kebahagiaan.

Mendidik adalah memimpin,
berkarya adalah bernyawa.

Artikel Terkait

IMG-20230321-WA0010

Gladi Kotor Penampilan Sweta Antasena Persiapan Acara HUT SMP NEGERI 1 PASIRIAN ke-45

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh   21 Maret 2023    Rangkaian kegiatan peringatan HUT SMP Negeri 1 Pasirian dimulai. Dari lomba lomba sampai berbagai penampilan. Seluruh siswa turut serta dalam acara ini, tidak terkecuali kelas 9.    Hari ini tanggal 21 Maret 2023, seluruh perwakilan kelas 9 mengikuti gladi kotor sesuai dengan penampilan yang mereka pilih. Penampilannya

Baca selengkapnya...
IMG_20230210_130224

MANFAAT SAYUR -SAYURAN

# Sayuran merupakan sumber penting dari banyak nutrisi, termasuk didalamnya potasium, asam folat, serat makanan, vitamin A, vitamin E, vitamin C dan antara satu sayuran dengan sayuran lainnya tentu saja memiliki kandungan gizi atau nutrisi yang berbeda.   Apasi manfaat sayur – sayuran?   MANFAATNYA:   – Mencegah dan mengurangi stres berlebih.   -Memperlancar buang

Baca selengkapnya...
HUT SMEPASSA KE-45 Dan penampilan Sweta Antasena

Gemilang HUT SMPN 1 Pasirian bersama Sweta Antasena

Dalam rangka memeriahkan HUT SMPN 1 Pasirian yang dirangkap dengan pertunjukan Sweta Antasena, dilaksanakan dengan meriah pada tanggal 15 Mei 2023 hingga 17 Mei 2023 sebagai puncak acara. Dalam perayaan ini diisi oleh banyak pertunjukan dari anggota Sweta Antasena, ekstrakurikuler dan dari para guru-guru yang ikut memeriahkan acara.  Acara luar biasa ini berlangsung di lapangan

Baca selengkapnya...
IMG-20230409-WA0023

KHATAMAN DAN BUKBER ( EDISI RAMADHAN )

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh     Hai sobat SMEPPASSA Bagaimana nih kabarnya?? Semoga tetap semangat ya dalam belajar. Kali ini ada berita kalian pastinya belum taukan?Yuk mari kita baca bersama-sama berita ini berjudul ” KHATAMAN AL-QUR’AN DAN BUKBER OSIS SMEPPASSA BERSAMA GURU REMAS DAN KETUA ESKUL”.   Pada kegiatan kali ini SMPN 1 PASIRIAN mengadakan kegiatan

Baca selengkapnya...
IMG-20230519-WA0004

GEBYAR HUT SMPN1PASIRIAN KE-45

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Pada hari Rabu, 17 Mei 2024 warga sekolah SMPN 1 PASIRIAN merayakan puncak HUT ke-45. Dalam acara puncak HUT SMEPPASSA agar acara lebih meriah, SMPN 1 PASIRIAN mengadakan berbagai acara. Acara pertama tidak lupa sambutan oleh Bapak Drs. Abu Saman M.Pd selaku Kepala Sekolah SMPN 1 PASIRIAN. Kemudian, acara setelah berbagai ucapan

Baca selengkapnya...